Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Simak! Ini Kabar Gembira dari Erick Thohir untuk Ratusan Juta Penduduk Indonesia

Ridwan

Selasa, 27 Oktober 2020 - 17:05 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Vaksin Virus Corona (Covid - 19) akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid - 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Dikatakan Erick, tiga juta vaksin Corona akan tiba di Indonesia pada November bulan depan. "Jumlah itu bagian tahap awal pengadaan 385 juta dosis vaksin berbagai merk," katanya.

Menurut Erick, prioritas vaksinasi vaksin Covid - 19 adalah tenaga kesehatan, TNI dan Polri. 

"Tiga juta vaksin Corona berbagai merk itu akan datang secara bertahap. Tiga juta vaksin tahap awal ini akan diberikan kepada 60 persen penduduk Indonesia," ungkap Erick.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk tidak tergesa - gesa terkait dengan pengadaan vaksin Covid - 19.

Dirinya mengakui di tengah situasi pandemi saat ini, negara manapun pasti menginginkan adanya kecepatan untuk menuntaskan penanganan pandemi, termasuk memberikan vaksinasi kepada warganya.

Tapi, menurut mantan Wali Kota Solo ini, hal - hal tersebut juga tidak boleh dilakukan tergesa dengan tanpa perencanaan matang.

"Hati - hati, jangan sampai kita tergesa - gesa ingin vaksinasi sehingga kaidah - kaidah saintifik, data - data sains, standar kesehatan ini dinomorduakan. Tidak bisa. Jangan timbul persepsi bahwa pemerintah tergesa - gesa tanpa mengikuti koridor - koridor ilmiah yang ada," katanya dikutip dari channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/10/2020).

Selain soal keamanan, urusan mengenai kepastian akses masyarakat terhadap distribusi vaksin tersebut apabila nantinya telah tersedia juga harus dipastikan dan direncanakan dengan baik.

Oleh karena itu, proses vaksinasi yang nantinya akan berjalan secara bertahap ini perlu dijelaskan dengan lebih rinci kepada masyarakat luas.

Dalam pelaksanaannya nanti, vaksinasi tersebut akan didistribusikan melalui dua skema, yakni skema gratis dan mandiri.

Jokowi menginginkan agar masyarakat yang mendapatkan vaksin melalui skema mandiri dapat memperolehnya dengan harga yang terjangkau.

"Ini ada yang gratis, ada yang mandiri (bayar sendiri). Pengenaan biaya dalam pelaksanaan vaksinasi secara mandiri harus betul - betul dikalkulasi dan dihitung dengan cermat. Disiapkan aturannya sejak sekarang dari awal. Saya minta harganya bisa terjangkau," imbuhnya.

Jokowi sekali lagi mengingatkan jajarannya agar melibatkan sejumlah pihak termasuk ormas - ormas Islam dalam hal komunikasi publik terkait keamanan dan kehalalan vaksin yang akan diberikan.

Hal tersebut selain untuk memberikan penjelasan yang komprehensif kepada masyarakat, juga untuk mengantisipasi penyebaran berita - berita hoaks di berbagai platform dan media.

"Mengenai pelaksanaan vaksinasi saya minta timeline pelaksanaan ini segera diselesaikan dengan memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana, infrastruktur pendukung, jalur distribusi, dan interval pemberian vaksin yang akan digunakan per wilayah. Saya minta detail," imbuhnya.

Terakhir, Jokowi juga meminta pihaknya untuk bersiap melakukan pelatihan dan simulasi baik oleh tenaga kesehatan maupun relawan yang nantinya terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi Covid - 19 secara luas.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…