Sabtu, 23 November 2024|Jakarta, Indonesia

BNI Syariah: Pemuda Miliki Persatuan Lawan Covid-19

Wiyanto

Rabu, 28 Oktober 2020 - 05:54 WIB

Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Tokopedia Salam, Bapak Garri Juanda; Head of Public Policy Ruangguru, Bapak Amri Ilmma dalam acara Talkshow Webinar dengan judul ?Yang Muda Yang Peduli Sesama?,
Pemimpin Divisi Kartu Pembiayaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Tokopedia Salam, Bapak Garri Juanda; Head of Public Policy Ruangguru, Bapak Amri Ilmma dalam acara Talkshow Webinar dengan judul ?Yang Muda Yang Peduli Sesama?,
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - BNI Syariah memperingati Hari Sumpah Pemuda ke - 92 yang jatuh pada 28 Oktober 2020 dengan tema “Bersatu dan Bangkit” dengan menyelenggarakan Talkshow Webinar bertema “Yang Muda Yang Peduli Sesama”. Acara ini bertujuan untuk mengajak generasi muda berkontribusi terhadap masa depan bangsa yang lebih baik dan peduli kepada sesama.

Hadir dalam Webinar dengan judul “Yang Muda Yang Peduli Sesama”, Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda; Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan; Head of Public Policy Ruangguru, Amri Ilmma; dan Head of Financing Card Business BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari.

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi pada kesempatan berbeda mengatakan pemuda berperan penting sebagai generasi penerus yang mampu mewujudkan kemajuan bangsa.” Oleh karena itu, diharapkan para pemuda Indonesia memiliki semangat persatuan dan bekerja sama untuk melawan COVID - 19,” kata Iwan Abdi.

Acara ini membahas isu - isu terkini terkait usaha yang dilakukan para pemuda untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID - 19, diharapkan dapat menjadi media informasi dan memberikan gagasan yang nyata untuk peduli sesama.

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan bahwa tren berdonasi masyarakat Indonesia meningkat selama pandemi.

“Sejak bulan Maret lalu, pengguna Tokopedia telah berdonasi lebih dari Rp33 miliar yang disalurkan ke seluruh Indonesia melalui lembaga sosial terhubung berupa barang atau pun jasa yang disesuaikan dengan kebutuhan penanggulangan wabah COVID - 19 seperti, Alat Pelindung Diri (APD), Ventilator, Rapid Test Gratis di Sarana Publik, Bantuan Disinfektan untuk Masjid, dan THR serta Sembako. Di sisi lain, masyarakat pun dipermudah dalam membayar zakat selama PSBB melalui fitur Zakat di Tokopedia Salam." ujar Garri.

Kepala Divisi Pengumpulan Ritel Nasional Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Fitriansyah Agus Setiawan mengatakan di Indonesia potensi zakat cukup besar untuk dikembangkan. Untuk mengoptimalisasi potensi zakat ini ada tiga hal yang bisa dilakukan diantaranya komunikasi terkait literasi mengenai pengelolaan zakat kepada masyarakat; kerjasama dengan institusi salah satunya perbankan dan fintech untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap zakat; dan peningkatan layanan. Pada tahun 2020, menurut Fitriansyah Agus Setiawan, donasi BAZNAS melalui channel digital mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Head of Public Policy Ruangguru, Amri Ilmma mengatakan tantangan penyediaan akses pendidikan ke masyarakat di masa pandemi ini meningkat dibandingkan sebelumnya. “Karena sistem pendidikan di Indonesia merupakan terbesar keempat di dunia dengan 44 juta murid dan 2,7 juta guru, dari jumlah ini 50% harus belajar di rumah,” kata Amri Ilmma.

Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, Amri Ilmma mengkhawatirkan akan ada lost generation yaitu siswa tidak memperoleh pendidikan dikarenakan tidak mempunyai akses. Ruangguru dalam hal ini berkomitmen untuk membantu para siswa untuk menyediakan akses belajar dengan baik dengan salah satunya menyediakan sekolah online gratis pada awal Maret 2020.

Saat ini industri halal menjadi new business dan new brand, dengan potensi bisnis global mencapai lebih dari Rp30 ribu triliun. Sedangkan di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mempunyai potensi ekonomi halal mencapai Rp3 ribu triliun per tahun. Namun potensi tersebut, secara ekonomi dinikmati oleh negara lain, sementara Indonesia hanya menjadi konsumen.

Oleh karena itu perbankan syariah bersama stakeholders lainnya harus berperan aktif untuk menangkap peluang, agar kita tidak hanya konsumen namun juga menjadi produsen serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hingga saat ini, BNI Syariah terus berkontribusi untuk mengembangkan ekosistem halal di Indonesia, diantaranya melalui kerja sama dengan Tokopedia Salam, BAZNAS, dan Ruangguru. Diharapkan kerjasama ini dapat mengoptimalkan implementasi commercial dan social finance.

Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, BNI Syariah mengangkat value proposition Hasanah Banking Partner, dimana keberadaan BNI Syariah dapat menjadi partner yang Hasanah untuk nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way). Hal ini tercermin dari berbagai produk dan layanan yang dimiliki oleh BNI Syariah, termasuk kartu kredit berbasis syariah, yang disebut BNI iB Hasanah Card.

BNI iB Hasanah Card merupakan produk bisnis kartu pembiayaan BNI Syariah sebagai solusi transaksi hijrah Hasanah. Diharapkan kartu BNI iB Hasanah Card bisa digunakan sebagai jalan keluar bagi masyarakat yang ingin bertransaksi sesuai prinsip syariah.

Kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card bermula dari satu keyakinan bahwa umat muslim akan membutuhkan transaksi yang halal, canggih dengan semangat melepaskan dari riba. Syariah Card / kartu pembiayaan merupakan kartu yang fungsinya seperti ‘kartu kredit’, dimana hubungan hukum antara bank dan nasabahnya didasarkan atas prinsip syariah.

BNI iB Hasanah Card sebagai satu - satunya kartu kredit berbasis Syariah yang diterbitkan Bank Umum Syariah memiliki brand positioning sebagai Kartu Kebaikan. BNI iB Hasanah Card berusaha mempermudah niat kebaikan masyarakat untuk berbagi dengan berdonasi sesuai nilai - nilai Hasanah/ Kebaikan sesuai value proposition Hasanah Banking Partner.

Jumlah pengguna kartu pembiayBNI iB Hasanah Card sebanyak 350 ribu nasabah. Sejalan dengan peningkatan jumlah pengguna, Sales Volume BNI iB Hasanah Card pada 2019 juga mengalami peningkatan hingga menembus Rp1,2 Triliun.

Terkait peringatan Hari Sumpah Pemuda, BNI Syariah juga mempunyai program pemberian souvenir masker merah putih dan hand sanitizer beserta kartu ucapan kepada nasabah di kantor cabang BNI Syariah. Selain itu, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda petugas frontliner BNI Syariah juga memakai baju adat untuk melayani transaksi nasabah.

Saat ini kerjasama BNI Syariah dengan Tokopedia Salam, Ruangguru dan BAZNAS diantaranya adalah diskon 7,5% maksimal Rp150 ribu di Tajir Fest Tokopedia Salam menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card; diskon 60% dan 28% paket belajar Ruangguru menggunakan kartu pembiayaan BNI iB Hasanah Card.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

Business 21/02/2024 08:16 WIB

Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024

PT Jababeka Tbk (KIJA) is targeting pre-sales revenue or marketing sales of IDR 2.5 trillion in 2024. According to the information disclosure of the Indonesia Stock Exchange on Tuesday (13/2), IDR 1,150…