Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

MTDL Perkuat Delapan Pilar Solusi Digital

Herry Barus

Minggu, 01 November 2020 - 16:00 WIB

MTDL Perkuat Delapan Pilar Solusi Digital
MTDL Perkuat Delapan Pilar Solusi Digital
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - PT  Metrodata Electronics Tbk (“MTDL” atau Perseroan), emiten solusi  digital  dan  distribusi  di  bidang  Teknologi Informasi  dan  Komunikasi  (“TIK”),  memperkuat bisnis Solusi dan Konsultasi dengan terus melengkapi delapan pilar solusi digital Metrodata, yaitu Cloud Services, Big Data & Analytics, IT Security, Hybrid IT Infrastructure, Business Application, Digital Business Platform,  Consulting  &  Advisory  Services, dan Managed Services.

Hal ini diiringi dengan maraknya transformasi digital pada berbagai industri di tengah pandemi Covid‐19 sehingga terdapat peningkatan permintaan solusi digital.

Susanto  Djaja selaku Presiden  Direktur  MTDL, Minggu (1/11/2020)  menjelaskan, “Kami bersyukur bahwa di tengah pandemi  ini,  MTDL  masih  bisa  membukukan  laba bersih di Kuartal III‐2020 sebesar Rp267,7 Miliar atau bertumbuh 3,43% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Tentu ini adalah hasil dari kerja  keras  berbagai  pihak  sehingga  Metrodata dapat bertumbuh dan turut berkontribusi di tengah pandemi  ini  dengan  membantu  perusahaan‐perusahaan  dalam  bertransformasi  digital,  salah satunya  melalui  delapan  pilar  solusi  digital Metrodata.”

Sebagai  satu‐satunya  perusahaan  TIK  yang menyediakan  solusi  yang  paling  lengkap,  MTDL berhasil  meraih  pendapatan  yang  stabil,  sebesar Rp10 Triliun di Kuartal III‐2020.

Randy Kartadinata selaku Direktur MTDL menambahkan, “Salah satu kontribusi berasal dari kenaikan pendapatan pada unit bisnis Solusi dan Konsultasi sebesar 9,14% YoY. Melalui pengalaman puluhan tahun di industri TIK dan bekerja sama dengan ratusan partner di bisnis Distribusi, Metrodata juga meraih laba kotor sebesar Rp893 Miliar di Kuartal III‐2020 atau bertumbuh 7,13% YoY.”

Pada unit bisnis Distribusi, MTDL terus memenuhi kebutuhan produk‐produk TIK seperti Notebook, PC, Smartphone, dan produk Collaboration Solution yang masih  banyak  diminati  karena  adanya  kebijakan Work From Home (WFH) dan belajar dari rumah. Di sisi lain, terdapat keterbatasan persediaan Notebookdan PC di pasar yang mengerem penjualan di unit bisnis Distribusi, namun membuat kenaikan di sisi margin.

Randy melanjutkan, “MTDL menunjukkan posisi kas yang sangat sehat dan mencapai Rp1,78 Triliun per 30 September 2020, meningkat 212,35% YoY. Selain itu, pinjaman bank MTDL juga mengalami penurunan 68,97% YoY menjadi Rp20,8 Miliar. Selama pandemi ini, MTDL telah melakukan upaya penagihan yang intensif,  di  mana  seluruh  tim  penjualan  dan penagihan telah didelegasikan untuk secara aktif menindaklanjuti  tagihan  kepada  pelanggan, sehingga  MTDL  dapat  memanfaatkan  kas  yang diterima untuk mendanai modal kerja dan belanja modal berikutnya.”

Di  tengah  pandemi  yang  mengharuskan  banyak perusahaan  bertransformasi  secara  digital, membuat kebutuhan infrastruktur dan peralatan TIK sangat  dibutuhkan.  Metrodata  melalui  dua  unit bisnisnya, yaitu unit bisnis Distribusi yang bekerja sama dengan lebih dari 100 merek TIK ternama dunia dan unit bisnis Solusi dan Konsultasi yang menyediakan solusi lengkap, diharapkan dapat terus mendukung transformasi digital di Indonesia.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.