Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Bahana TCW dinobatkan sebagai Pelopor Investasi Berkelanjutan

Herry Barus

Sabtu, 07 November 2020 - 14:07 WIB

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,
Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta. Dunia investasi tak hanya melulu menekankan pada aset investasi yang besar dan hasil alias return yang tinggi. Namun juga harus memberikan dampak dan nilai manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Untuk itu, sejumlah perusahaan manajemen investasi mulai menjalankan produk - produk investasi yang sesuai dengan prinsip lingkungan, tata kelola, dan sosial yang baik (ESG). Produk investasi yang sesuai dengan prinsip ESG ini dipercaya bisa memberi impact atau nilai manfaat yg lebih luas, baik itu bagi lingkungan maupun masyarakat.

PT Bahana TCW Investment Management menjadi pelopor dalam meluncurkan produk investasi hijau (green fund) melalui produk Bahana Kehati Lestari yang diluncurkan pada tahun 2007.

Di samping itu, Bahana TCW juga memiliki lima produk reksa dana abadi (endowment fund) yang berkontribusi pada pembangunan SDM dan pendidikan, seperti Bahana Makara Prima milik ILUNI FEUI untuk program pendidikan dan beasiswa; Ganesha Abadi bekerja sama dengan alumni ITB untuk mendukung program fasilitas riset, pengembangan, dan beasiswa; Bahana MES Syariah Fund untuk mendukung beasiswa ekonomi syariah dan program pengembangan ekonomi syariah; dan reksa dana syariah BPTS Generasi Gemilang yang fokus pada efek syariah.

Dengan adanya berbagai produk investasi berkelanjutan, Bahana TCW mempertahankan keunggulannya jauh di atas 87 perusahaan reksa dana, sehingga media ekonomi CNBC Indonesia menobatkan PT Bahana TCW Investment Management sebagai The Leading Fund Manager in Sustainability Investment pada acara CNBC Indonesia Award 2020.

Dalam acara CNBC Indonesia Award 2020, Kepala Makroekonomi dan Direktur Strategi Investasi Bahana TCW, Budi Hikmat menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan CNBC Indonesia atas predikat tersebut.

“Pemberian penghargaan CNBC Indonesia Award ini menjadi komitmen kami di Bahana TCW. Dalam setiap produk investasi yang dikelola Bahana TCW, kami berusaha untuk memberikan dampak positif dan nilai tambah, baik itu di bidang pendidikan, lingkungan, dan etika masyarakat ekonomi syariah. Kami mengelola dana abadi (endowment fund) terbesar di Indonesia dan terus membuka kesempatan investor untuk berkontribusi sambil berinvestasi,” ungkap Budi Hikmat dalam acara CNBC Indonesia Award 2020 yang diadakan secara virtual pada Rabu, 4 November 2020.

Per 27 Oktober lalu, total dana kelolaan aset yang dikelola Bahana TCW mencapat Rp 48,67 triliun 2020. Bahana TCW mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan yang stabil sepanjang 2020.

Dalam acara tersebut, Budi Hikmat juga menyampaikan bahwa perusahaan aset manajemen sebenarnya sudah memiliki produk investasi yang cukup banyak dan lengkap. Namun, edukasi dan sosialisasi terkait produk investasi sangat penting, agar masyarakat bisa melewati berbagai krisis dengan berbagai ramuan investasi dan jenis aset.

“Bukan masalah investasi apa dan dimana yang terbaik, tapi bagaimana masyarakat bisa menempatkan investasi sesuai dengan porsi di masing - masing aset, baik itu di reksa dana, emas, properti dan saham. Di samping itu, kita perlu mengedukasi berbagai strategi investasi, seperti strategi “100 dikurang umur”, strategi “Pay Yourself first”, dan seterusnya. Dengan demikian, masyarakat bisa melalui berbagai krisis dengan ramuan investasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” tambahnya.

Bahana TCW merupakan anak usaha Indonesia Financial Grup, holding BUMN Asuransi dan Penjaminan. Bahana TCW merupakan perusahaan patungan antara PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) dengan Trust Company of the West (TCW), perusahaan manajemen investasi berpusat di Los Angeles, Amerika Serikat.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

Business 21/02/2024 08:16 WIB

Jababeka (KIJA) Targets Marketing Sales of IDR 2.5 Trillion in 2024

PT Jababeka Tbk (KIJA) is targeting pre-sales revenue or marketing sales of IDR 2.5 trillion in 2024. According to the information disclosure of the Indonesia Stock Exchange on Tuesday (13/2), IDR 1,150…