Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Pelindo 1 Optimalkan Pengelolaan Terminal dan Peralatan Pelabuhan

Herry Barus

Jumat, 13 November 2020 - 09:00 WIB

Pelindo 1
Pelindo 1
A A A

Thepresidentpost.id - Medan - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Pelindo II. Adapun kesepahaman ini ditandatangani untuk menjalin kerjasama dalam pengelolaan terminal kendaraan dan pengoperasian peralatan pelabuhan di wilayah Pelindo 1.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilakukan oleh Direktur Operasional dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar, Plh. Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. Arif Isnawan dan Direktur Utama PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia Bunyamin Syukur yang disaksikan oleh Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama pada Kamis, 12 November 2020 di Jakarta.

“Pelindo 1 bekerja sama dengan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. Dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia yang memang memiliki kapasitas dan kompetensi yang baik sehingga diharapkan mampu menggali potensi serta membuka peluang besar dari bisnis yang dijalankan Pelindo 1. Sinergi ini selaras dengan tiga hal yang dijalankan Pelindo 1 yakni: revenue enhancement (peningkatan pendapatan), cost effectiveness (efektivitas biaya), dan operational excellence (operasional yang unggul). Model bisnis saat ini sudah tidak bisa dilakukan secara individual lagi, sehingga kita harus saling berkolaborasi dengan harapan mampu memberikan layanan yang lebih cepat, murah, dan efisien,” jelas Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama.

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. bergerak di bidang pelayanan jasa kepelabuhanan dan  jasa terkait dengan kepelabuhanan serta sebagai penyedia fasilitas terminal kendaraan (car  terminal) di Tanjung Priok. Ruang Lingkup kerjasama yang disepakati dalam MoU antara lain adalah  pengelolaan terminal kendaraan di pelabuhan yang dikelola Pelindo 1.

Sedangkan PT Jasa Peralatan Pelabuhan yang  bergerak di bidang penunjang kegiatan angkutan dan perjalanan meliputi penunjang dan pelengkap kegiatan angkutan dan jasa perjalanan, pelayanan bongkar muat barang kecuali pergudangan. Ruang Lingkup dari kerjasama antara kedua belah pihak tersebut meliputi hal pengoperasian, pemeliharaan, penyediaan peralatan bongkar muat, jasa konsultasi dan penyediaan suku cadang peralatan Pelabuhan di Pelindo 1.

“Kami melihat potensi peluang yang cukup besar di pelabuhan - pelabuhan yang dikelola Pelindo 1 baik itu untuk pasar domestik maupun internasional. Kita akan terus menjajaki peluang - peluang tersebut ke depannya sehingga harapannya kita bisa bertumbuh bersama dengan memberikan layanan yang efisien bagi para pengguna jasa,” jelas Plh. Direktur Utama PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. Arif Isnawan.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.