Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Perusahaan Besar Asal Belanda Kepincut Bawa Segudang Duit ke KIT Batang

Ridwan

Jumat, 13 November 2020 - 14:30 WIB

Kepala BKPM Bahlil (ist)
Kepala BKPM Bahlil (ist)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menuturkan ada perusahaan asing dari Belanda tertarik merelokasikan investasinya ke Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

"Insya Allah akan dibangun pabrik kaca di Batang dengan orientasi ekspor. Nanti ada beberapa perusahaan dari Belanda yang berminat membangun pabrik di Batang," ujar Bahlil dalam akun media sosialnya @bahlillahadalia, Jumat (13/11/2020).

Bahlil menuturkan Kawasan Industri Terpadu Batang akan dibangun ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut Bahlil, dalam rangka mendukung demokrasi ekonomi, investasi berkualitas, pemerataan ekonomi, hingga kolaborasi dengan UMKM, BKPM mewajibkan investor baik asing dan dalam negeri untuk bermitra dengan pengusaha nasional di daerah.

"Jadi, KIT Batang nanti menjadi penghubung industri kecil hingga besar," terang Bahlil.

Pembangunan KIT Batang diyakini bakal menambah investasi di Jawa Tengah.

Bahlil menyampaikan sampai kuartal ketiga 2020, investasi yang masuk di Jawa Tengah mencapai Rp37 triliun.

"Jawa Tengah masuk lima besar provinsi tujuan investasi. Ini membuktikan Jateng memang ramah investasi," kata Bahlil.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Direktur Promosi Sektoral BKPM Imam Soejoedi mengatakan Korea Selatan juga berminat serius untuk berinvestasi di kawasan Batang.

Pemerintah, ungkapnya, akan memenuhi kebutuhan perusahaan untuk segera merealisasikan rencana relokasi investasinya ke Indonesia.

Adapun perusahaan yang akan merelokasi perusahaannya tersebut bergerak di bidang usaha industri kaca dengan rencana investasi US$330 juta yang dilakukan dalam dua tahap.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.