Sabtu, 21 September 2024|Jakarta, Indonesia

Rayakan Hari Lansia Sedunia, Uni Charm Donasikan Ratusan Karton Popok Dewasa ke 6 Panti Werdha

Ridwan

Selasa, 17 November 2020 - 21:40 WIB

Program CSR Uni Charm
Program CSR Uni Charm
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - PT Uni - Charm Indonesia Tbk memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi secara maksimal dan turut serta berperan aktif dalam segala bentuk kegiatan dalam menangani dan mengatasi permasalahan sosial yang berkaitan dengan bisnis, salah satunya adalah permasalahan masyarakat yang berkaitan dengan lansia (lanjut usia).

Salah satunya dengan memberikan donasi berupa ratusan karton popok dewasa, gabungan dari popok jenis celana dan perekat. 

Donasi ini diserahkan langsung oleh pihak Unicharm ke enam Panti Werdha di Jakarta, Bekasi, Cikampek dan Purwakarta di bulan September dan akhir Oktober, dengan menyumbangkan total donasi 100 karton popok dewasa, gabungan dari popok jenis celana dan perekat. 

Pada 6 November 2020, pihak Unicharm memberikan donasi ke Jawa Barat dan diterima langsung dengan baik oleh Ibu Eni Lestiorini Hubungan Masyarakat Majlis Taklim Iqro Purwakarta sekaligus Ketua Komunitas Hidroponik Purwakarta.

Dalam kesempatan kali ini, PT Uni - Charm Indonesia Tbk melakukan donasi ke Panti Werdha “Yayasan Iqro” Purwakarta. Yayasan Iqro sendiri merupakan Panti Werdha yang menampung kurang lebih 50 orang lansia dengan kombinasi keadaan fisik yang berbeda, dari sehat, hingga beragam jenis penyakit. 

Lisa Efrina Care Advisor dari PT Uni - Charm Indonesia Tbk menjelaskan bahwa donasi berupa produk popok dewasa ini sangat membantu anggota lansia panti terutama yang memiliki penyakit hingga terbaring. Selama ini, care - taker tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai pemilihan, cara penggunaan, dan kapan harus mengganti popok dewasa.

"Terutama bagi seseorang yang anggota keluarganya baru mendapatkan penyakit, tentu kita tidak langsung mengertiproduk apa yang harus dibeli untuk kebutuhan penyakitnya. Selain itu, banyak juga lansia yang memerlukan popok tanpa harus memiliki penyakit terbaring, karena sensitivitas terhadap perasaan ingin buang air semakin berkurang," ujar Lisa di Jakarta (16/11/2020).

"Kami mengucapkan terimakasih atas donasi dari Unicharm dan juga edukasi Unicharm, bagi kami, hal ini sangatlah bermanfaat buat anggota Panti kami, karena kami belum memahami betul cara penggunaan popok dewasa dan cara maintenance - nya. Popok dewasa bagi lansia sangat penting mengingat kesulitan pasien juga care - taker untuk dapat ke toilet, dan satu hari, buang air bisa lebih dari 2 kali," tambahnya.

Pada saat pelaksanaan CSR, representatif Unicharm mengunjungi rumah - rumah lansia dan memberikan edukasi kepada care - taker juga penyerahan produk. 

"Penggunaan popok dewasa, sebaiknya dilakukan penggantian selama minimal 3X kali sehari. Selain itu, untuk pasien yang mayoritas waktunya hanya berbaring di tempat tidur, sebaiknya dilakukan peregangan otot oleh care - taker dengan cara membelokkan badan ke arah kiri dan kanan sebanyak tiap dua jam kali sehari," ujar representatif Unicharm kepada care - taker lansia Panti Werdha.

Yang menjadi unik dari Panti Werdha Yayasan Iqro ini adalah bahwa setiap anggota lansia tidak tinggal di tempat yang sama. Melainkan, setiap anggota panti tinggal di rumah masing - masing Bersama dengan keluarganya yang berada dalam satu lingkungan, sehingga, fungsi utama dari Yayasan adalah memberikan fasilitas agar lansia yang masih fungsional tetap bisa melakukan kegiatan positif, seperti menanam hidroponik yang memiliki nilai ekonomi.

Pihak PT Uni - Charm Indonesia Tbk juga mengatakan bahwa ia berharap donasi ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi baik untuk care - taker dan lansia dalam kemudahan menjalani hari - hari dan permasalahan yang dialami dalam menangani lansia.

"Donasi ini sesuai dengan dasar perusahaan Unicharm, bahwa Unicharm selalu berupaya dengan sungguh - sungguh dan berkomitmen dalam tanggung jawab pemasyarakatan," tutup representative Unicharm.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…