Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Lazismu akan Sahkan RAPB Nasional Tahun 2021 Lewat Bimtek

Amazon Dalimunthe

Jumat, 04 Desember 2020 - 11:52 WIB

Lazismu akan Sahkan RAPB Nasional Tahun 2021 Lewat Bimtek
Lazismu akan Sahkan RAPB Nasional Tahun 2021 Lewat Bimtek
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Lazismu ( Lembaga Amil Zakat Sadaqoh Muhammadiyah)  Pusat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimtek tersebut untuk menuju penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lazismu 2021. Bimtek ini dilaksanakan pada pelatihan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (RAPB) Lazismu.

Bimtek sudah dilaksanakan secara virtual pada Selasa, 24 November 2020 dan Selasa, 1 Desember 2020. Kegiatan ini diikuti oleh Lazismu se - Indonesia. Mulai dari Kantor Wilayah hingga Kantor Layanan. Pada Bimtek pertama, peserta diberikan pengarahan dalam membuat RAPB. Sedangkan pada Bimtek kedua, peserta akan dipandu untuk input RAPB ke sistem Lazismu Nasional.

Bagian Keuangan Badan Pengurus Lazismu Pusat Eny Muslichah Wijayanti mengatakan, Bimtek dilaksanakan karena ada beberapa Kantor Layanan yang belum mampu menyusun RAPB sesuai format yang telah ditentukan.

“Pelatihan RAPB secara nasional akan lebih maksimal ketimbang harus melalui struktur Wilayah, Daerah, dan Kantor Layanan. Bimtek diikuti Lazismu se - Indonesia hingga Kantor Layanan. Jadi, informasinya bisa lebih cepat sampai. Peserta lebih dari 300 orang," kata Eny Muslichah Wijayanti, Jumat (4/12/2020)

Eny berharap pasca Bimtek pertama, KL dan Daerah berkoordinasi dengan Wilayah agar setiap Wilayah dapat mengetahui angka RAPB yang akan diinput Bimtek kedua.

“Input RAPB ini menjadi RAPB Lazismu Nasional dan akan disahkan pada Sabtu, 5 Desember 2020 ketika penutupan Rakernas,” sambungnya.

Pihaknya menambahkan, RAPB ini juga menjadi peta bagi pergerakan Lazismu selama satu tahun ke depan. Dalam perjalanannya, RAPB Lazismu Nasional selalu naik setiap tahun. Hanya saja, lanjutnya, realisasinya tidak selalu terpenuhi 100%. Eny Muslichah Wijayanti mengungkapkan, dari RAPB, jadi tahu apa saja yang akan dikerjakan.

“Kalau kita tidak punya rancangan untuk tahun depan, kita tidak bisa bergerak dan berkembang. Target dan acuan kita ada di RAPB. Setiap tahun harus selalu naik. Tidak boleh turun. Nanti, disitu, bisa terlihat, apakah mampu kita mencapai target tersebut. Maka itu, RAPB menjadi kunci," tukas Eny.

Diakuinya, selama pandemi Covid - 19, pemasukan donasi ke Lazismu Pusat tetap stabil. Pasalnya, mitra Lazismu tetap menyalurkan berbagai donasi. Sementara itu, di beberapa tempat, pemasukan secara offline berkurang. Namun, banyak yang berpindah ke online, sehingga penghimpunan secara online menjadi lebih maksimal.

"Antusiasme peserta luar biasa. Peserta sampai 300 - an. Artinya, mereka menyadari bahwa penting untuk memiliki RAPB agar kita punya gambaran jelas tahun depan kita mau kemana," pungkasnya. Pihaknya berharap masing - masing kantor mula menyadari bahwa penyusunan anggaran tersebut penting. (AMZ)

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…