Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Hebat! Duet Maut Luhut & Erick Sukses Bujuk Jepang Tambah Investasi Melalui Lembaga SWF

Ridwan

Jumat, 04 Desember 2020 - 14:01 WIB

Menkomarves Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan pertemuan dengan PM Jepang Izumi Hiroto
Menkomarves Luhut B. Pandjaitan bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan pertemuan dengan PM Jepang Izumi Hiroto
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luihut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada hari ini, waktu Tokyo melalukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Izumi Hiroto di Kantor Perdana Menteri Jepang di Tokyo. 

Turut pula hadir dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) di Jepang Heri Akhmadi yang mendampingi Menkomarves Luhut B. Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut meminta dukungan atas pembentukan Sovereign Wealth Funbd (SWF) Indonesia atau yang dikenal sebagai Nusantara Investment Authority (NIA). 

"Tujuan saya dan Menteri Erick Thohir ke Tokyo adalah untuk mengundang Jepang tingkatkan investasi melalui lembaga SWF yang akan dibentuk berdasarkan amanat UU Omnibus," kata Luhut dikutip dari keterangan tertulis KBRI Tokyo (3/12/2020).

Izumi Hiroto yang didampingi oleh Gubernur Japan Bank of International Cooperation (JBIC) Maeda Tadashi menyatakan bahwa Pemerintah Jepang melalui JBIC berjanji untuk ikut berpartisipasi dalam SWF INdonesia. 

Menteri Luhut juga memastikan bahwa NIA akan memberikan fleksibilitas bagi investor untuk menanamkan investasi dalam bentuk ekuitas ayau aset dengan pengelolaan yang transpaan dan profesional. 

Sementara itu, Heri Akhmadi mengungkapkan, Jepang secara umum mendukung pembentukan SWF Indonesia. "Beberapa kalangan bisnis Jepang pun telah menyatakan ketertarikannya untuk berpartisipasi dalam pembangunan health tourism di Bali, manajemen operator pelabuhan, serta tingkatkan investasi di Kawasan Industri Batang," jelasnya.

Ditambahkan Heri, kunjungan kedua Menteri ini juga merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Presiden RI dan PM Jepang di Bogor pada Oktober lalu. 

Perlu diketahui, Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia adalah lembaga yang berfungsi mengelola investasi dan menunjang pembangunan ekonomi Indonesia. Pemerintah RI berharap lembaga ini dapat mendorong perbaikan iklim investasi, pengembangan nilai aset negara dan menunjang pembangunan ekonomi, khususnya dalam mendukung realisasi proyek - proyek priorotas nasional. 

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.