Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Amatil Indonesia Gelar Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Area Pabrik

Krishna Anindyo

Minggu, 13 Desember 2020 - 11:30 WIB

Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik
Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa transfer teknologi tentang pembuatan kompos organik adalah upaya memanfaatkan potensi lingkungan sekitar berupa sisa sampah organik.

Kegiatan ini dilakukan oleh Coca - Cola Amatil Indonesia (Amatil Indonesia), dengan mengadakan pelatihan kompos organik kepada para pemuda karang taruna Desa Jatiwangi. Diikuti oleh kurang lebih dua puluh peserta di Taman Limo, Desa Jatiwangi, Cikarang Barat.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pemberian materi dan praktek langsung membuat pupuk kompos dan pemahaman cara pembuatan tong komposter sebagai wadah untuk kelola kompos organik.

Pemberian materi tentang pemahaman pengelolaan sampah organik di sekitar lingkungan dan pemahaman bahan baku kompos organik sampah hijau/dedaunan, sampah dapur, sampah coklat dan sampah organik lainnya.

Transfer teknologi pembuatan pupuk kompos memberikan manfaat yang besar yaitu adanya peningkatan pengetahuan warga tentang manfaat bahan sisa sampah organik sebagi bahan baku pembuatan pupuk kompos.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan tong komposter dan mesin pencacah sampah organik, yang diserahkan langsung oleh Radita A.Wicaksana, Corporate Affairs Executive Coca - Cola Amatil Indonesia kepada Kepala Badan Permusyawaratan Desa Jatiwangi, H. Mahmud dan juga Suwada, Ketua sekaligus perwakilan Karang Taruna Desa Jatiwangi, Cikarang Barat.

Selain selenggarakan pelatihan untuk pemuda karang taruna Desa Jatiwangi, Amatil Indonesia juga mengadakan kegiatan pelatihan akuaponik, yakni budidaya tanaman sayur dan ikan konsumsi dengan menggunakan kombinasi sistem akuakultur hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik.

Hasil yang didapatkan dari sistem pertanian ini, selain dapat dikonsumsi juga memiliki nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar pabrik.

Program ini juga merupakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar pabrik, yang diikuti oleh kurang lebih dua puluh peserta yang mayoritas merupakan pemuda dan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat.

Turut diserahterimakan perangkat akuaponik beserta bibit tanaman dan bibit ikan konsumsi dari Amatil Indonesia kepada tokoh masyarakat sebagai perwakilan.

Kegiatan ini sendiri merupakan hasil kolaborasi dan sinergi antara Amatil Indonesia masyarakat sekitar dua pabrik CCAI yang berada di Kecamatan Cikarang Barat, guna peningkatan kapasitas masyarakat di sekitar pabrik, terutama di kondisi yang serba tidak menentu akibat dari pandemi seperti saat ini,ujar Nurlida Fatmikasari, Regional Corporate Affairs Manager CCAI melalui keterangan yang diterima redaksi pada Minggu (13/12).

“Harapannya program pelatihan ini juga bagian dari menjaga lingkungan yang lebih bersih, sehat dan semakin asri. Sekaligus memberikan inspirasi sekaligus motivasi bagi masyarakat menuju kampung mandiri lestari”, tutup Nurlida.

Coca - Cola Amatil Indonesia melalui empat pilar keberlanjutan, salah satunya yang terkait lingkungan hidup (Environment) yang mendasari langkah perusahaan, Amatil Indonesia berusaha mendukung setiap kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat dan kegiatan pelestarian lingkungan hidup lainnya, khususnya di area operasional perusahaan, tidak terkecuali di Kabupaten Bekasi.

Dengan terjalinnya dukungan ini, diharapkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya kelestarian alam dan ketahanan pangan semakin terwujud.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…