Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Luar Biasa! Realisasi Investasi Pemkab Batang Tembus Rp5,75 Triliun di Masa Pandemi

Ridwan

Selasa, 15 Desember 2020 - 10:40 WIB

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang
Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang
A A A

Thepresidentpost.id - Batang - Realisasi investasi di Kabupaten Batang menunjukkan progres yang menggembirakan di tengah Pandemi Covid - 19. 

Berdasarkan catatan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTST), nilai investasi yang berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang menembus angka Rp 5,75 triliun, terhitung bulan Januari hingga akhir November 2020.

Kepala DPMPTSP Batang, Sri Purwaningsih menjelaskan, capaian nilai investasi tersebut bersumber dari 64 perusahaan, dengan rincian 63 perusahaan dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan satu perusahaan bersumber dari Penanaman Modal Asing (PMA).

"Hingga September investor yang masuk ke Kabupaten Batang mencapai 52 perusahaan. Kemudian, ada penambahan 12 investor pada November, jadi total 64 investor yang masuk ke Kabupaten Batang,” jelasnya, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, capaian investasi pada awal tahun 2020 mengalami gangguan, karena pandemi Covid - 19. Namun, kondisi itu kembali memulih dengan adanya kebijakan pemerintah pusat yang menerapkan pemberlakuan new normal.

"Target investasi Kabupaten Batang pada 2020 hanya di angka Rp 1 triliun, dan hingga mau tutup tahun, kinerja investasi di Kabupaten Batang mencapai Rp 5,75 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan investasi di Kabupaten Batang tumbuh sangat pesat," bebernya.

Diungkapkan juga oleh dia, bahwa daya serap tenaga kerja untuk menempati perusahaan milik 64 investor baru itu mencapai ratusan orang. Di mana total pekerja yang dibutuhkan mencapai 958 orang, dengan rincian tenaga kerja laki - laki 891 orang dan perempuan 67 orang.

Menurutnya, situasi yang kondusif, guyub rukun, dan perizinan yang mudah menjadi fokus Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono, sehingga mampu menciptakan iklim investasi yang nyaman bagi investor.

Tidak hanya itu, Bupati Wihaji juga menginisiasi Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang berada di Desa Ketanggan Kecamatan Gringsing, yang kini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi proyek strategis nasional (PSN).

"KIT Batang memang dipersiapkan oleh negara sebagai tempat investor asing yang diharapkan mampu menjadi ekosistem ekonomi guna memulihkan perekonomian di masa pandemi Covid - 19," kata Sri Purwaningsih.

Ditambahkan dia, selain KIT Batang, Pemkab Batang juga menyiapkan kawasan industri Batang Industrial Park (KI BIP) yang berada di Kecamatan Tulis. 

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.