Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

2021 Sekolah Akan Dibuka Kembali, Komisi X DPR : Hybrid Learning Bisa Dijadikan Alternatif

Krishna Anindyo

Selasa, 15 Desember 2020 - 15:15 WIB

Ilustrasi Pembelajaran Hybrid atau Blended Learning
Ilustrasi Pembelajaran Hybrid atau Blended Learning
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Rencana pemerintah untuk membuka kembali sekolah - sekolah pada tahun 2021 mendapat respon dari DPR. Menurut Wakil Ketua Komisi X Abdul Fikri Faqih, pemerintah harus memperhatikan beberapa hal jika ingin menjalankan kebijakan ini, salah satunya adalah zona daerah tempat sekolah itu akan dibuka.

“Sampai sekarang kita belum tahu pandemi Covid - 19 akan berakhir kapan. Setiap daerah bisa berubah dari zona hijau, oranye bahkan merah. Pada daerah zona hijau bisa diterapkan tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Pada daerah zona oranye dan merah tentu Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Selain itu, hybrid learning bisa menjadi alternatif juga untuk diterapkan,” tutur Abdul Fikri Faqih, Wakil Ketua Komisi X melalui keterangan yang diterima redaksi pada Selasa (15/12).

Fikri menambahkan, sesuai dengan UU No 23/2014 tentang desentralisasi, maka pusat tidak perlu mengatur semua jenjang pendidikan, cukup perguruan tinggi saja. Sedangkan tingkat SMA/K berada di bawah provinsi dan SMP dan SD di bawah Kabupaten Kota.

“Selain itu, harus dipertimbangkan juga kesiapan orang tua dan anak - anak, termasuk guru - gurunya. Terpenting bagi sekolah adalah menerapkan protokol kesehatan 3M, dan juga melibatkan pemangku kepentingan pendidikan seperti komite sekolah dan komunitas pegiat pendidikan,” tutur politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut.

Hybrid atau blended learning merupakan model pembelajaran campuran antara daring dengan face to face learning atau metode konvensional yang mengandalkan kegiatan tatap muka di kelas.

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran jarak jauh adalah plagiarisme. Banyak siswa yang menggunakan karya lain dan diklaim sebagai karyanya sendiri.

“Kalau plagiarism itu, mau pandemi atau tidak sama saja. Ada metodologi bagaimana mengatasinya, termasuk menggunakan (teknologi) mesin untuk mencari kesamaan. Kemendikbud sendiri sudah punya alat ukur berupa indeks integritas,” ungkapnya.

Secara terpisah, menurut Jack Brazel, Head of Business Partnership Asia Tenggara dari Turnitin, banyak hal yang harus diperhatikan terkait bagaimana mempertahankan integritas akademik dengan kondisi interaksi pertemuan tatap muka yang jauh lebih sedikit.

“Pengurangan kelas fisik tidak menjadi alasan untuk meniadakan integritas akademik, karena teknologi terkini bisa memungkinkan guru mengajarkan peserta didik secara langsung sehingga mereka bisa menyampaikan pemikiran orisinil serta  ide - ide yang mereka miliki secara tepat.  Dan para siswa pun bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukan pengecekan ulang terhadap karya mereka sebelum diserahkan. Ini demi menjaga integritas akademik yang mereka miliki,” ujar Jack Brazel.

“Tanpa punya landasan integritas akademik, peserta didik akan terbiasa melakukan kecurangan seperti penjiplakan, atau membayar orang lain untuk mengerjakan tugas - tugasnya alias contract cheating. Nantinya akan lebih sulit untuk dicegah di luar kelas,” tegas Brazel.

Teknologi mendukung upaya lembaga pendidikan untuk menggabungkan aspek pembelajaran di kelas maupun virtual,  memudahkan pendidik untuk mendeteksi karya tulis yang tidak orisinal secara cepat dan juga memberdayakan para pendidik untuk meningkatkan interaksi dengan siswa yang menyesuaikan diri dengan ruang kelas virtual.

“Pembelajaran daring dan ruang kelas virtual akan menjadi modul pendidikan utama berjangka panjang setelah pandemik ini usai, dan kelas virtual sama pentingnya dengan lingkungan belajar tatap muka dalam hal memperkuat integritas akademik. Langkah - langkah ini untuk memastikan bahwa setiap institusi pendidikan tetap mempertahankan reputasi positif dan para siswa tetap menerima pendidikan berkualitas tinggi di masa - masa yang tidak pernah diduga ini,” tutupnya.

Saat ini Turnitin telah digunakan oleh 15.000 institusi perguruan tinggi dan 30 juta mahasiswa. Sederet beberapa lembaga pendidikan di Indonesia sudah menggunakan Turnitin antara lain Universitas Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Pelita Harapan, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Trisakti.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…