Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Keluarga di Bekasi Ini, Dikejutkan oleh Tanaman Langka Bunga Bangkai Mini yang Sedang Mekar di Kebun Kosong Miliknya

Kormen Barus

Kamis, 17 Desember 2020 - 23:22 WIB

Tanaman Langka Bunga Bangkai Mini yang Sedang Mekar di Kebun Kosong Pekayon Bekasi/ Foto Tina Madar
Tanaman Langka Bunga Bangkai Mini yang Sedang Mekar di Kebun Kosong Pekayon Bekasi/ Foto Tina Madar
A A A

Thepresidentpost.id - Bekasi - Tanaman Langka Bunga Bangkai Mini  yang sedang mekar di sebuah kebun kosong, perumahan Pekayon Indah, Bekasi,  Jawa Barat, menarik perhatian Keluarga Tina Madar.

Menurut penuturan ibu yang sudah pensiun dari dunia  LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) internasional ini, pada, Kamis (16/12/2020), dirinya dikagetkan dengan bunga yang memiliki keunikan tersendiri.

Setelah perhatikan lebih dekat, ia memastikan, kalau yang tumbuh dikebunnya itu adalah Tanaman Langka Bunga Bangkai Mini. Karena bunga itu memiliki warna khas yaitu warna merah tua dengan baunya yang khas. Seperti bau bangkai. “Bunganya masih tumbuh mekar, ini di kebon kosong dekat rumah,”ujarnya kepada redaksi indsutry.co.id.

Dari beberapa catatan menyebutkan, Jenis bunga ini telah ditemukan oleh orang yang bernama Raflesia Arnoldi di daerah Sumatra. Dengan ukuran yang lebih kecil bunga ini hanya dapat hidup beberapa hari saja sekitar 2 - 3 hari. Bau bangkai yang timbul dari bunga ini akan menyengat ketika malam hari. Jika mendekati bunga ini di pagi hari maka tidak akan mengeluarkan aroma bau.

Mengutip Tempo.co, bunga bangkai berukuran mini (Raflesia Zollingeriana Kds) atau juga disebut bunga Padmosari itu, proses penyerbukan bunga dilakukan oleh lalat hijau (Lucilia sp), lalat biru (Protocalliphora sp), lalat abu - abu (Sarcophaga sp), lalat mata hijau (Tabanus sp) dan lalat buah (Drosophila melanogaster).

Selain jenisnya langka, bunga berukuran mini itu memang nampak indah. Masa mekarnya tidak terlalu lama, maksimal satu minggu.

Seperti yang ditulis Tempo, Bunga bangkai mini itu selalu menjadi incaran sebagian masyarakat sekita, bunganya punya nilai ekonomi tinggi, karena diyakini berguna untuk bahan obat - obatan, seperti kanker, dan obat untuk vagina.

Bunga initerbilang tumbuhan yang unik karena tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Satu - satunya ciri tumbuhan yang dimiliki adalah bunga yang menempel pada akar atau batang inangnya. Tumbuhan ini tergolong holoparasit, di mana bunga merupakan satu - satunya organ tumbuhan yang dapat dilihat oleh mata biasa.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…