Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Tingkatkan Layanan Siloams Hospitals Optimalkan Teknologi Digital

Herry Barus

Jumat, 18 Desember 2020 - 15:31 WIB

Charles Wonsono, Head Strategy & Business Effectiveness PT Siloam International Hospitals Tbk
Charles Wonsono, Head Strategy & Business Effectiveness PT Siloam International Hospitals Tbk
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Penggunaan dan peningkatan teknologi digital di bidang kesehatan terus dilakukan oleh Siloam Hospitals. Salah satu targetnya adalah meningkatkan layanan kesehatan berbasis aplikasi sekaligus menjalankan visi perusahaan, yaitu menjangkau layanan kesehatan secara menyeluruh berstandar internasional sekaligus melakukan kolaborasi secara ekonomis.

"Dalam upaya digitalisasi Siloam Hospitals, tidak saja peningkatan pelayanan yang kami lakukan. Tetapi kami juga membuka peluang kerjasama bisnis yang diambil berdasarkan data yang relevant dan Analisa yang tepat dari data tersebut. Kami sebenarnya sudah memulai transisi atau transformasi ini lebih dari 5 tahun yang lalu", tutur Charles Wonsono, Head Strategy & Business Effectiveness PT Siloam International Hospitals Tbk, Jumat, (18/12/2020) di Jakarta.

Menurut Charles Wonsono, merangkul  adopsi teknologi berujung pada akselerasi secara cepat dan teroganisir. "Bahkan adopsi teknologi ini sekaligus langkah implementasi guna melawan covid, melayani pasien, dan kolaborasi kerjasama. Dokter pun sangat cepat belajar dalam prakteknya", imbuh Charles.

Sebelumnya, Siloam Hospitals termasuk sebagai perusahaan born physical - lahir fisik. Perusahaan legacy yang berbasis fisik. dan selama 24 tahun beroperasional, Siloam terus expansi dan bertumbuh sebagai institusi medis fisik, physical medical institution. Dari 1 Rumah Sakit telah bertumbuh menjadi 40 Rumah Sakit terletak di 26 kota dan lebih dari 50 klinik di seluruh Indonesia. Siloam Hospitals sebagai jaringan rumah sakit swasta terbesar di Indonesia. Lebih dari 3 juta pasien dilayani setiap tahunnya.

Akan perjalanannya tersebut, Charles Wonsono menuturkan, 'Experience' dari Siloam, atau experience pasien dengan Siloam adalah offline. Dan digital healthcare terus menjadi daya tarik yang popular bagi pasien. "Accenture survey 2018 menyatakan hampir 40% responden melihat technologi sebagai faktor yang penting dalam pengelolaan kesehatan. Tahun demi tahun kepercayaan konsumen semakin meningkat terhadap pelayanan medis yang menawarkan kemampuan layanan secara  digital, " ungkap Charles.

Hingga saat ini, selain memperkuat dan memperluas jangkauan platform 'My Siloam', Siloam Hospitals memperkenalkan layanan telekonsultan terhadap pasien bersama dokter spesialis melalui kerjasama 'Aidohealth' sekaligus pelayanan kesehatan langsung terhadap pasien ke rumah.

"Aplikasi MySiloam,  kami terus tingkatkan. Awalnya hanya bisa mengadakan perjanjian  dan melihat informasi rumah sakit, saat ini telah dapat melakukan booking layanan dan online payment medical check up, manajemen penyakit kronis, health tracker yang terintegrasi dengan apple health dan google fit, habit dan diet tracker. Ada patient portal dimana pasien dapat melihat history OPD, pengobatan dan hasil lab dan radiology mereka. Sementara dengan Prixa meluncurkan ai based symptom checker dan covid checker dan juga untuk covid testing e - health certificate yang dapat di pakai pasien untuk kerperluan perjalanan atau kebutuhan kerja perusahaan", pungkas Charles Wonsono, Head Strategy & Business Effectiveness PT Siloam International Hospitals Tbk.

Seiring berjalannya Transformasi Layanan Kesehatan berbasis digital, Pemerintah terus mengupayakan percepatan transformasi digital melalui pembangunan infrastruktur digital dan penyiapan regulasi. Akselerasi transformasi digital dinilai tepat untuk dilakukan pada masa pandemi Covid - 19.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika bidang Transformasi Digital dan Hubungan Antarlembaga Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, pandemi telah memaksa masyarakat untuk beralih ke platform digital. "Jadi, bicara digitalisasi, pandemi ini merupakan momen untuk meningkatkan budaya digital di tengah masyarakat. Termasuk secara keseluruhan didalam pelayanan kesehatan," tutur  Niken dalam diskusi sesi kedua Indonesia Digital Conference, Selasa (15/12/2020) lalu.

Pembangunan dan perluasan infrastruktur telekomunikasi dilakukan secara masif di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari penyediaan jaringan 4G hingga menara telekomunikasi.

"Kalau sesuai agendanya, barangkali pembangunan infrastruktur ini harusnya baru selesai 10 tahun, tapi karena akselerasi diperpendek menjadi 2 - 3 tahun," pungkas Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika bidang Transformasi Digital dan Hubungan Antarlembaga Rosarita Niken Widiastuti.

Komentar

Berita Lainnya

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…

World 19/02/2024 17:38 WIB

The Indonesian Embassy in Cairo Receives Aid for Palestine

Cairo, Egypt - The Indonesian Embassy in Cairo welcomes the Radjiman Wedyodiningrat Warship (RJW-992) which arrived at the Al Arish Port, North Sinai Province of Egypt at 8.00 A.M. Cairo local time (13/02).…