Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Wow! TKI Kini Punya Fasilitas VVIP di Soetta, BP2MI: Ini Bentuk Hormat Negara Kepada Pahlawan Devisa

Candra Mata

Senin, 21 Desember 2020 - 14:14 WIB

Jalur VVIP TKI di Bandara Soetta
Jalur VVIP TKI di Bandara Soetta
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) meresmikan fasilitas VVIP khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

“Hari ini, di peringatan Hari Pekerja Migran Internasional, Presiden Joko Widodo secara resmi memberikan kado terbaik dan teristimewa kepada para PMI berupa berbagai fasilitas VVIP,” ujar Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam keterangannya seperri dikutip redaksi Thepresidentpost.id pada Senin (21/12).

Penyediaan fasilitas VVIP bagi PMI tersebut tidak terlepas dari sinergisitas pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Fasilitas tersebut merupakan buah kerja sama BP2MI dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Imigrasi, dan PT Angkasa Pura II.

“Semua fasilitas ini bisa terwujud berkat kerja sama yang baik antara pemerintah dan BUMN. Pun, kerja sama politik anggaran dengan DPR. Semoga kita bisa terus secara bersama mewujudkan keselamatan, keberdayaan, dan kesejahteraan PMI dan keluarganya,” ujarnya.

Perlu diketahui, terdapat empat fasilitas yang diresmikan dan menyusul di bandara - bandara lainnya yang menjadi kantong PMI

Pertama, jalur cepat (fast track) keimigrasian yang memberikan kelancaran pelayanan kepulangan dan keberangkatan bagi PMI.

Kedua, lounge PMI yang memberikan fasilitas ruang tunggu yang nyaman bagi PMI yang akan berangkat atau datang dari luar negeri.

Ketiga, helpdesk atau pos pelayanan dan pengaduan bagi PMI yang memberikan fasilitas informasi, advokasi, pendataan, dan pemulangan bagi PMI - Bermasalah.

Keempat, Gerai PMI untuk pemasaran produk usaha Purna PMI.

“Semua fasilitas VVIP diberikan untuk memberikan rasa hormat negara kepada pejuang keluarga yang telah rela berkorban demi kesejahteraannya dan keluarga,” ucap Benny.

Benny menambahkan, jalur cepat keimigrasian dan lounge umumnya diperuntukkan bagi penumpang kelas atas, official diplomatic, dan kru pesawat.

“Hebatnya, Presiden Joko Widodo menyediakan jalur khusus bagi PMI, dan ini menjadi yang pertama di Indonesia bahkan mungkin dunia. Peresmian fasilitas VVIP ini menjadi kado istimewa bagi PMI sebagai bentuk apresiasi kami kepada para PMI, sang pahlawan devisa,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir yang secara simbolis menandatangani prasasti lounge PMI mengatakan, semua pekerjaan itu mudah jika dilakukan secara gotong royong dengan tulus, yang sulit adalah bekerja mencari perbedaan dan konflik kepentingan.

“Terbukti hari ini negara hadir. Kita bisa memperlihatkan bahwa bangsa kita naik kelas. Semua ini bisa dilakukan selama kita berani bermimpi dan berani mengeksekusi,” papar Erick.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah yang hadir secara virtual juga turut mengapresiasi kerja BP2MI sebagai badan pelaksana pelindungan PMI dan keluarganya.

Menurutnya, fasilitas VVIP tersebut merupakan inovasi pelayanan pelindungan bagi PMI yang telah menyumbangkan devisa kepada negara.

“Semoga layanan ini dapat direplikasi di seluruh bandara dan pelabuhan supaya dapat memberikan fasilitas yang nyaman dan aman bagi seluruh PMI. Mari secara bersama kita wujudkan inovasi layanan hingga edukasi dan pelatihan kepada para PMI,” tukasnya.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…