Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Aksi Tolak UU Cipta Kerja Berujung Bentrok, Satu Mobil Polisi Digulingkan Pelajar di Pejompongan, 99 Massa di Rapid Test, 12 Diantaranya Reaktif Covid-19

Candra Mata

Kamis, 08 Oktober 2020 - 07:35 WIB

Pelajar bentrok dengan petugas (foto Liputan6.com)
Pelajar bentrok dengan petugas (foto Liputan6.com)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Gelombang unjuk rasa menolak pengesahan UU Cipta Kerja terus terjadi dibeberapa daerah di Indonesia. 

Dibekasi, seperti dikutip redaksi Thepresidentpost.id dari Kompas TV pada Kamis pagi (8/10), ribuan demonstran yang terdiri dari buruh dan mahasiswa terlibat bentrok dengan aparat kepolisian yang berjaga di di kawasan industri Jababeka Satu, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Demonstran awalnya mencoba menerobos barikade polisi untuk masuk kedalam kawasan industri, petugas mensekat dan terpaksa menembakan gas air mata untuk membubarkan massa tersebut.

Sementara itu di Pejompongan Jakarta Pusat, ratusan pelajar  juga terlibat bentrok dengan petugas. Massa melakukan aksi penyerangan terhadap petugas di pos polisi Pejompongan pada Rabu (7/10).

Para pelajar tersebut melempari batu ke petugas yang berjaga di Pos Polisi Pejompongan tersebut. Tak hanya itu, massa juga sempat merusak satu buah mobil polisi di jalan. 

Selain itu, Polda Metro Jaya mengamankan 200 orang yang diduga akan melakukan aksi penolakan undang - undang cipta kerja di Gedung DPR pada Rabu kemarin. Mereka diamankan dari lokasi berbeda, di sekitar kawasan Gedung DPR RI.

Setelah diamankan, pihak Polda Metro melakukan cek kesehatan dengan rapid tes.

Dari 99 yang sudah dilakukan rapid test, 12 orang dinyatakan hasilnya reaktif dan langsung dilakukan tes swab ke Biddokes Polda Metro Jaya. 

Sementara itu, di Bandung Jawa Barat, ribuan mahasiswa juga terlibat bentrok dengan aparat kepolisian saat melakukan aksi tolak UU Ciptaker. Konsentrasi massa dipusatkan di depan gedung DPRD Jawa Barat.

Pihak kepolisian telah mengamankan beberapa orang yang diduga menjadi provokator dalam aksi tersebut.

Hal yang sama juga terjadi di Semarang Jawa Tengah, ribuan demonstran terlibat bentrok di depan kantor DPRD.

Massa aksi menuntut agar UU Ciptaker dibatalkan, para demonstran melempari petugas dengan batu dan berusaha merangsek masuk kedalam gedung DPRD.

Sementara itu di Sulawesi Selatan, ratusan mahasiswa turun kejalan dengan melakukan aksi blokir jalan dengan menggunakan truk.

Dikabarkan, rencananya pada hari ini Kamis (8/10) BEM Seluruh Indonesia akan menggelar aksi unjuk rasa menolak UU Ciptaker serentak di seluruh wilayah Indonesia termasuk di depan gedung DPR Jakarta.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…