Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Usung Konsep Grab and Go, Kopi Kenangan Optimis Raih Pendapatan Dua Kali Lipat

Herry Barus

Selasa, 29 Desember 2020 - 13:00 WIB

Kopi Kenangan
Kopi Kenangan
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta — Industri peritel minuman  grab - and - go Kopi Kenangan yang tengah berkembang  pesat saat ini, mencatat kenaikan transaksi daring selama tahun 2020.

Kopi Kenangan optimis dapat meningkatkan pendapatan hingga dua kali lipat di tahun pandemi ini.

Kopi Kenangan sendiri mengoptimalkan penerapan model ‘new retail’ yang telah digaungkan sejak awal berdiri untuk  menggabungkan kenyamanan dan keragaman pilihan  belanja online dengan pengalaman belanja offline melalui aplikasi Kopi Kenangan yangtelah diluncurkan sejak April 2019.

Dari November 2019 hingga 2020 Kopi Kenangan mencatat kenaikan jumlah pengguna baru pada aplikasi Kopi Kenangan sebesar hampir 500% begitu pula transaksi yang dilakukan melalui aplikasi mengalami kenaikan hingga  lebih dari 200%.

Aplikasi difokuskan pada  fitur personalisasi yang menjadikannya 'barista pribadi' yang benar - benar tahu preferensi minuman yang diinginkan pelanggan.

Saat ini, aplikasi Kopi Kenangan telah menjangkau lebih dari satu juta  pelanggan dan termasuk  dalam salah satu  aplikasi dengan Monthly Active User (MAU) terbanyak di Indonesia dengan lebih dari 600.000 MAU.

Dan nomor dua terbesar di kategori makanan dan  minuman di Indonesia serta merupakan aplikasi F&B nomor tiga terbanyak diunduh di Indonesia pada September 2020 berdasarkan data App Annie.

Sebagian besar pesanan yang diterima Kopi Kenangan adalah dalam format take away.

“Kami menyadari bahwa dengan konsep grab - and - go, efisiensi waktu dan efektivitas metode transaksi menjadi poin penting bagi pelanggan kami. Oleh karena itu, tidak heran kalau transaksi online menjadi metode yang disukai para pelanggan,” jelas Chief of Business Development Officer dan Co - Founder Kopi Kenangan James Prananto.

Hal ini juga yang membuat Kopi Kenangan dinobatkan sebagai brandkopi Top of Mind nomor dua di Indonesia oleh perusahaan riset dan penelitian Kantar.

Selain produk terlarisnya yaitu Es Kopi Kenangan Mantan, kehadiran seri minuman Milk Tea dan Caramel Macchiato  yang baru diluncurkan pada awal tahun 2020 juga  mendorong penjualan dan menjadi beberapa produk   favorit pelanggan saat ini.

Kopi Kenangan kini telah mengoperasikan 411 toko di  berbagai wilayah Indonesia dengan penjualan terbesar di  area Jabodetabek.

Baru - baru ini Kopi Kenangan juga mulai merambah ke industri makanan dengan meluncurkan Cerita Rotidi 33 gerai Kopi Kenangan di Jabodetabek.

Sejak awal diluncurkan pada 22 November 2020, Cerita Roti selalu habis terjual pada siang hari di ke - 33 gerai Kopi Kenangan serta dua gerai independen Cerita Roti di mal Pacific Place dan Kota Kasablanka. 

Saat ini, Central Kitchen milik Kopi Kenangan  memproduksi 5.000 roti per hari dan berencana untuk memproduksi 10.000 roti perhari pada akhir Januari 2021

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

National 21/02/2024 08:42 WIB

Gov’t to Continue Disbursing Rice Assistance

President Joko “Jokowi” Widodo has ensured that the Government will continue rolling out the rice assistance program for low-income families. The President made the statement when handing over rice…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.