Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Menteri Sandi Jelaskan Filosofi Dibalik Jaket Biru, Warganet: Jangan Sampai Berubah Jadi Rompi Orange Pak...

Candra Mata

Minggu, 03 Januari 2021 - 09:59 WIB

Menparekraf Sandiaga Solehudin Uno
Menparekraf Sandiaga Solehudin Uno
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menjelaskan kepublik soal makna dan filosofi jaket biru yang digunakan keenam Menteri baru saat diperkenalkan Presiden Joko Widodo di Istana akhir desember 2020 lalu.

"Saya ingin sampaikan filosofi jaket biru yang diberikan oleh Istana, oleh Bapak Presiden Joko Widodo kepada enam menteri baru, salah satunya saya," ucap Sandi dalam unggahan di akun Facebook miliknya seperti dilansir redaksi Thepresidentpost.id pada Minggu (3/1/2021).

Dalam unggahan tersebut, menurut Sandi jaket biru tersebut adalah simbol. 

"Biru adalah simbol kerja keras, biru adalah simbol kerja cepat, biru adalah simbol integritas. Dan ini bentuknya adalah bentuk jaket yang All Weather termasuk jaket hujan, jadi bisa ditutup, jadi kita tetap bekerja dalam situasi apapun juga. Dan ini harus mengingatkan kita untuk siap, memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara," jelasnya.

Selanjutnya, Sandi juga menyebut bahwa jaket biru itu telah menjadi viral dan menjadi buah bibir di masyarakat.

"Banyak sekali yang menanyakan dapat dibeli di mana jaket ini. Saya justru tidak ingin memberi tahu ini bisa didapat di mana," ungkapnya.

Tak hanya itu, Sandi bahkan menantang para pelaku usaha kreatif di setiap daerah untuk membuat ‘jaket biru’ itu sendiri dengan menambah kearifan lokal dari masing - masing daerah. 

"Jadikanlah ini sebagai peluang usaha yang dapat menciptakan lapangan kerja. Percaya sama saya, mumpung momentumnya masih ada, usaha ‘jaket biru’ ini dijamin akan meraup omzet yang cukup besar," pungkas Sandi.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sandi tersebut telah mrnuai ribuan komentar dari para warganet.

"Harapan saya sebagai masyarakat, jangan sampai jaket Biru berubah menjadi rompi oren. Tetap amanah pak. Jadilah pribadi yg ihsan ( engkau beribadah seakan2 melihat Allah, jika tidak bisa melihatnya maka yakinlah bahwa Allah melihat kita)," imbuh Abu Hamzah.

"Abang pakai jaket biru... pendukung militan abang pakai jaket orange dan ada yg pakai kain putih. #kok abang diem aja," ungkap Sudrajat Syahrudin.

"Yang kami butuh bukan filosofi...tapi kenyataan," sebut Ardi Riana.

"Betul pak sandi. Warna biru itu simbol kreatifitas. Gk nyangka pa Jokowi pemahaman ilmunya sampai kesini. Dalam sudut pandang psikologis, warna biru itu melambangkan simbol kepercayaan dan amanah. Artinya pa jokowi menyerahkan amanah ini kpd bapak tanpa perlu banyak bicara tapi langsung mengena. Good luck pak.. Smoga lancar dan dimudahkan segala urusannya," ucap Harunaya Suhardi.

"Sekarang bkn saatnya pake istilah atau simbol apalah,yg terpenting adalah kerja nyata yg beetul betul demi kesejahteraan Rakyat Indonesia,krn rakyat tdk butuh teori tp tindakan yg benar dan sesuai dgn sasarannya," kata Irma Septia.

"Rakyat kecil mah gk ngliat penampilan para pejabat..Action nyata mensejahterakan rakyat yg di liat..Kita liat apakah pak Sandi dpt mensejahterkan masyarakat dl konteks sbgi mentri pariwisata....," sebut El Rifqi.

"Satu pesan saya buat pa Sandi, jangan lebay...Jangan sampai di gelari NATO(No Action Talk Only) di kemudian hari. Sebab 1 karya nyata lebih baik dari sejuta kata2!," tukas Saynan Lafebageur.

"Edan...meski secuil Ide jika dikemas sama ahli nya, bisa jadi usaha..wow...mantap pa Mentri..," tandas Yoyon.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…