Jumat, 20 September 2024|Jakarta, Indonesia

Pimpinan DPR Desak Kemlu Selamatkan ABK Indonesia di Iran

Krishna Anindyo

Kamis, 07 Januari 2021 - 19:15 WIB

Kapal Tanker Kimia Berbendera Korea Selatan (Korsel) - Hankuk Chemi (Photo by Bloomberg)
Kapal Tanker Kimia Berbendera Korea Selatan (Korsel) - Hankuk Chemi (Photo by Bloomberg)
A A A

Thepresidentpost.id - Jakarta - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menyoroti langkah Pasukan Garda Revolusi Iran yang telah menyita sebuah kapal tanker kimia berbendera Korea Selatan (Korsel), Hankuk Chemi yang berlayar di Teluk Persia dan Selat Hormuz.

Azis mengungkapkan, berdasarkan informasi yang berkembang menyebutkan bahwa adanya dua Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) yang turut ditahan.

“Kementerian Luar Negeri (Kemlu) harus aktif dalam membebaskan ABK WNI yang turut ditahan oleh Iran. Segala jalur komunikasi agar diintensifkan dalam mengetahui keadaan para ABK WNI tersebut, memberi pendampingan serta dibebaskan dengan segala kemampuan yang kita miliki,” ujar Azis melalui keterangan yang diterima redaksi pada Kamis (7/1).

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu mendesak Kemlu untuk paralel berkoordinasi melalui Kedutaan Besar Korsel dalam memantau perkembangan isu ini. Azis menegaskan, di tengah situasi saat ini bukan saatnya berbicara politik, namun keselamatan ABK yang menjadi prioritas.

Azis mengungkapkan, Indonesia memiliki hubungan baik dengan Iran yang menjadi modal besar dalam mengatasi persoalan tersebut sesegera mungkin. Azis berharap, Iran dan Korea Selatan bisa saling menghargai dan segera menuntaskan persoalan ini agar tidak berkelanjutan dan tidak terulang di masa mendatang.

“Saya mengharapkan kondisi seperti ini tidak terulang, khususnya saat dunia sedang berjuang melawan pandemi Covid - 19. Saya berharap, dunia dapat mengedepankan diplomasi yang konstruktif dan positif. Terlebih, jalur pelayaran menjadi sangat penting dalam menunjang perekonomian. Mari saling membantu dan mempermudah, jangan dipersulit. Keberatan bisa disampaikan melalui nota diplomatik maupun instrumen - instrumen hukum internasional” tutup Politisi Partai Golkar itu.

Pemerintah Korsel telah mengirimkan kapal perang dan pasukan khusus ke wilayah tersebut dalam rangka mengantisipasi langkah - langkah yang dirasa perlu.

Korsel menuduh Iran menyandera kapal tanker Hankuk Chemi. Kemlu Indonesia melalui Juru Bicara Teuku Faizasyah mengatakan Menlu Retno Marsudi telah memerintahkan Dubes Indonesia segera membuka komunikasi dengan Iran terkait nasib dua ABK WNI.

Komentar

Berita Lainnya

Business 23/04/2024 10:32 WIB

Govt to Form Task Force to Tackle Online Gambling

President Joko “Jokowi” Widodo chaired a limited meeting which discussed efforts taken to eradicate online gambling in Indonesia, Thursday (04/18), at Merdeka Palace, Jakarta. Minister for Communication…

Economy 23/04/2024 10:27 WIB

President Jokowi Reaffirms Commitment to Farmers’ Welfare

President Joko “Jokowi” Widodo on Monday (04/22) inspected corn harvest in Boalemo regency, Gorontalo province. “Our corn import has decreased significantly from 3.5 million tonnes to 400,000-450,000…

Business 28/02/2024 13:01 WIB

Carsurin and NBRI Strengthen Strategic Alliance to Propel Indonesia’s EV Industry

PT Carsurin Tbk ("Carsurin") and the National Battery Research Institute ("NBRI") are pleased to announce the signing of a pivotal Strategic Alliance Agreement (SAA), marking a significant advancement…

Economy 21/02/2024 08:38 WIB

Bapanas Head Ensures Availability of Rice Stock Ahead of Ramadan

The National Food Agency (Bapanas) has ensured the availability of rice for the fasting month of Ramadan and Eid al-Fitr 1445 Hijri/2024 CE.

Sport 21/02/2024 08:20 WIB

Receives Chairman of Jababeka (KIJA), Menpora Dito Ready to Support the Development of Sports SEZs

Chairman of PT Jababeka Tbk (KIJA), Setyono Djuandi Darmono met the Minister of Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo at the Kemenpora RI Office, Senayan, Jakarta,…